Senin, 16 Januari 2012

Pengertian Penelitian

 Adalah suatu proses ilmiah yag terdiri dari pemilihan masalah penelitian, penelusuran teori, merumuskan desain, mengumpulkan data, menganalisis dans serta membuat laporan penelitian.
Sementara menurut para ahli pengertian lain sebagai berikut :
  1. Penelitian adalah pencarian terhadap seseuatu (inquiry) secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian ini dulakukan terhadap masalah yang dapat dipecahkan (Parson, 1946)
  2. Penelitian adalah pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas untuk menemukan hubungan antar fakta dan menghasilkan dalail atau hokum (John, 1949)
  3. Penelitiana dalah transpormasi yang terkendalikan atau terarah dari suatu situasi yang dikenal dalam kenyataan-kenyataan yang ada padanya dan hubungannya, seperti mengubah unsure dari situasi orisinal menjadi keseluruhan yang terpadu. (Dewey, 1936)
Mengapa penelitian dilakukan?
Penelitian dilakukan untuk mencari kebenaran, kebenaran adalag sesuai dengan kenyataan, perjanjian, dan konsensus/kesepakatan umum.
Sementara itu tujuan penelitian ada 3 yaitu :
  1. Penemuan, berarti data yang diperoleh dari penelitian itu adalah data yang benar-benar baru yang sebelumnya belum diperoleh.
  2. Pembuktian, berarti data yang diperoleh digunakan untuk membuktikan adanya kerancuan atau keraguan terhadap informasi atau penelitian sebelumnya.
  3. Pengembangan, berarti penelitian berfungsi untuk mengembangkan jenis penelitian sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar